Gates Berikan Penghargaan Kepada Bapak Komputer Modern


Dr Henry Edward Roberts, adalah nama yang mungkin asing terdengar. Tetapi bagi warga IT, nama ini merupakan sosok besar yang memicu era komputer rumah menjadi seperti sekarang ini. Altair 8800, adalah penemuannya yang memicu era komputer di rumah.
Bisa dibilang Dr Henry Edward Roberts merupakan "ayah" dari komputer modern. Roberts meninggal pada usia 86 tahun pada 1 April 2010, setelah lama berjuang menghadapi penyakit pneumonia.

Sebelum mengembangkan Altar 8800, Roberts adalah pendiri Mikro Instrumentasi dan Sistem telemetri (MITS), awalnya dibentuk untuk menjual model kit elektronik untuk penggemar roket.

Pada pertengahan tahun 1970-an, ketika perusahaannya berjuang menghadapi utang, Dr Roberts mulai mengembangkan kit komputer untuk penggemar. Saat itu komputer ini dijual seharga US$395, dengan tambahan biaya US$100 bagi komputer yang telah dirakit.

Hasilnya adalah Altair 8800, mesin yang dioperasikan oleh switch dan tanpa display atau monitor. Cikal bakal PC ini
dilengkapi dengan mikroprosesor Intel 8080 dan memori 256 byte

Altair 8800, merupakan perangkat yang memancing dua anak muda yang kemudian dikenal dunia sebagai pendiri perusahaan software ternama di dunia, Bill Gates dan Paul Allen.

Setelah membaca perangkat ini di artikel majalah, Gates dan Allen langsung menghubungi Roberts dan menawarkan untuk mengembangkan software untuk Altair 8800.

Gates dan Allen menemui Roberts untuk menawarkan sebuah program emulator (penerjemah) agar Altair bisa menjalankan bahasa program BASIC (Beginners All-purpose Symbolic Instruction Code).

"Ed bersedia mengambil kesempatan pada kami - dua orang muda tertarik pada komputer lama sebelum banyak orang yang tahu - dan kami selalu berterima kasih kepadanya," kata pendiri Microsoft dalam sebuah pernyataan.

"Hari pertama software yang belum pernah diuji ini berkerja pada Altair adalah hari yang sangat bersejarah, dan akan memulai semua hal besar yang dapat dirasakan pada saat ini."

No Response to "Gates Berikan Penghargaan Kepada Bapak Komputer Modern"

Posting Komentar